SURAT PERNYATAAN TANGGUNG JAWAB MUTLAK (SPTJM)

disdukcapil

Kuala Pembuang, SPTJM adalah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak yang dibuat oleh yang bersangkutan atau wali atau pemohon sebagai kebenaran dengan tanggungjawab penuh yang diketahui 2 (dua) orang saksi. Saksi dalam Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak adalah orang yang melihat atau mengetahui penandatanganan surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak. SPTJM mulai diberlakukan oleh Pemerintah sejak Menteri Dalam Negeri menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 09 Tahun 2016 tentang percepatan Peningkatan Cakupan Kepemilikian Akta Kelahiran.

          Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak ada 2 (dua) jenis yaitu SPTJM Kebenaran Data Kelahiran dan SPTJM Kebenaran sebagai Pasangan Suami Istri. SPTJM Kebenaran Data Kelahiran adalah pernyataan yang dibuat oleh orang tua kandung/wali/pemohon dengan tanggungjawab penuh atas kebenaran data kelahiran seseorang sedangkan SPTJM Kebenaran sebagai Pasangan Suami Istri adalah pernyataan yang dibuat oleh orang tua kandung/wali/pemohon dengan tanggung jawab penuh atas status hubungan perkawinan seseorang yang tercantum didalam kartu keluarga sebagai pasangan suami istri dengan diketahui oleh 2 (dua) orang saksi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

SUMBER DAYA MANUSIA DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN SERUYAN

Kuala Pembuang, Aspek sumber daya manusia pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seruyan dalam menunjang laju operasional didukung oleh 79 orang yang terdiri dari PNS 30 orang dan Tenaga Kontrak  49 orang dengan rincian sebagai berikut : Rincian Personil berdasarkan Golongan Golongan IV : 6 Orang   Golongan III […]

You May Like