Ini Bedanya KTP Digital dengan KTP El Fisik

disdukcapil

Sejak tanggal 18 Januari 2023 Disdukcapil Kabupaten Seruyan telah meluncurkan Pelayanan Identitas Kependudukan Digital. Identitas digital ini tidak serta merta menghapus penggunaan KTP elektronik. Adapun Dinas Dukcapil akan menerapkan prinsip pelayanan dua jalur atau double track system services, yaitu layanan digital dan layanan secara fisik manual.

KTP digital memiliki perbedaan dengan jenis KTP berfisik kartu yang dikenal masyarakat seperti biasanya. sedangkan Pada KTP digital harus menggunakan smartphone dan mendownload Aplikasi Identitas Kependudukan Digital di Playstore (Android) ataupun AppStore (IOS) dimana terdapat QR code dan menjadi identitas digital bagi Warga Negara Indonesia.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seruyan, Domases Al Atak mengatakan, pembuatan e-KTP digital membutuhkan ponsel pintar dan koneksi internet. Hal ini berlaku khususnya untuk kalangan milenial yang sebagian besar sudah terbiasa menggunakan ponsel pintar dalam beraktivitas sehari-hari.

Efisiennya, e-KTP nantinya tidak perlu lagi dicetak atau disimpan bentuk fisiknya di dompet seperti biasanya, melainkan dapat disimpan di handphone penduduk.”Ungkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Hasil Pelayanan Jemput Bola Dukcapil Seruyan di Desa Sukamandang

Pada hari selasa tanggal 5 Desember Tahun 2023 Tim Jemput Bola Layanan Administrasi Kependudukan (Adminduk) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Seruyan melaksanakan Kegiatan Pelayanan Jemput Bola selama 4 hari mulai tanggal 05 s/d 08 Desember tahun 2023 yang bertempat di Desa Sukamandang Kecamatan Seruyan Tengah. PJ Kepala Desa Sukamandang […]